2008/05/09

Ciri Orang Sok Tahu

'Sok tahu' pada dasarnya adalah "merasa sudah cukup berpengetahuan" padahal sebenarnya kurang tahu. Ciri-ciri orang sok tahu adalah :

1. Enggan Membaca

Orang yang 'sok tahu' merasa yakin dengan kemampuannya. Sebelum berusaha semaksimal mungkin, ia lebih dulu berdalih, "Ngapain baca-baca teori. Yang penting prakteknya 'kan?"

2. Enggan Menulis

Orang yang sok tahu terlalu mengandalkan kemampuannya dalam mengingat-ingat dan menghafal pengetahuan atau ilmu yang diperolehnya. Ia enggan mencatat. "Ngerepotin," katanya. Seolah-olah, otaknya adalah almari baja yang isinya takkan hilang. Padahal, sifat lupa merupakan bagian dari ciri manusia.

3. Membanggakan Keluasan Pengetahuan

Orang yang sok tahu membanggakan kepintarannya dengan memamerkan betapa ia banyak membaca, banyak menulis, banyak mendengar, banyak bicara, banyak bekerja. Ia menganggap, prestasi yang ia miliki berkat kerja kerasnya saja.

4. Merendahkan Orang Lain Yang Tidak Sepaham

Bagi orang yang sok tahu, siapa saja yang bertentangan dengan pendapatnya, segera saja ia menuduh orang lain bodoh, telmi, pemalas, lambat dan sebagainya. Ia menjadikan dirinya sebagai "Yang Maha Tahu", terlalu yakin bahwa pendapat dirinyalah satu-satunya yang benar, sedangkan pendapat orang lain salah.

5. Menutup Telinga dan Membuang Muka Bila Mendengar Pendapat Lain

Orang yang sok tahu tidak memberi peluang untuk berdiskusi dengan orang lain. Seolah-olah ia berseru, "Adalah hak kami untuk berbicara dan adalah kewajiban kalian untuk mendengarkan. Hak kami menetapkan, kewajiban kalian mengikuti kami. Pendapat kami semuanya benar, pendapat kalian banyak salahnya."

6. Suka Menyatakan Pendapat Tanpa Dasar Yang Kuat

Orang yang sok tahu gemar menyampaikan pendapatnya dengan mengatasnamakan kepintaran dan pengalamannya tanpa berpikir ulang tentang benar-salahnya pendapatnya. Ia suka berkata, "Menurut saya begini.... Ah kamu tahu apa.... Pokoknya begini...." dan seterusnya.

7. Suka Berdebat Kusir

Setiap berdiskusi ia bertujuan memenangkan perdebatan, bukan mencari kebenaran.

8. enggan bertanya pada orang lain.

orang yang sok tahu, merasa dirinya lebih pintar dari orang lain sehingga menganggap rendah orang lain dan gengsi untuk bertanya pada orang lain

9. enggan introspeksi diri

orang yang sok tahu merasa dirinya pintar sehingga tidak bisa melihat bahwa diatas langit masih ada langit.

10. enggan mengakui kekurangan diri

merasa dirinya lebih pintar, dan orang lain lebih bodoh sehingga tidak mau bercermin terhadap dirinya sendiri, kena peribahasa

gajah di pelupuk mata tak tampak, uang di dompet orang kelihatan...

ech salah gajah di pelupuk mata tak tampak, kuman di seberang lautan terlihat jelas.

Tidak ada komentar: